Mengenal Jauh Dunia Diawali Dari Kita Membaca,,, Jadikan Membaca Sebagai Budaya Kita !!!

Sabtu, 19 September 2015

MENGENAL JAUH KEDAHSYATAN SHALAT DHUHA

E-BOOK KECERDASAN
Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam kenal DUNIA,  salam untuk sahabat pembaca blog Mengenal Jauh Dunia..

     Sepertinya kita sebagai muslim sudah tidak asing mendengar Shalat Dhuha. Tapi pernah atau seberapa sering kita melaksanakannya? Mengapa kita mengerjakannya? Dan ada apa dengan Shalat Dhuha?

       Untuk menambah motivasi dan keyakinan kita, ada baiknya kita mengenal jauh Shalat Dhuha terlebih dahulu, baik pengertian dan hukum Shalat Dhuha, tata cara/rakaat, serta keutamaan Shalat Dhuha sehingga kita bisa lebih khusyuk dan istiqomah mengerjakannya.

Pengertian Shalat Dhuha?

    Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan ketika matahari sedang naik. Di dalam Al-Qur’an surah adh-Dhuha dijelaskan betapa istimewanya waktu Dhuha sehingga membuat Allah SWT bersumpah atas waktu Dhuha. Oleh karena itu, hendaknya kita menggunakan waktu dhuha untuk bermunajat kepada Allah SWT melalui Shalat Dhuha.

Apakah hukum Shalat Dhuha ?

    Hukum Shalat Dhuha ialah sunnah mu’akkad (yang ditekankan), karena Rasulullah Saw melakukan dan menganjurkan para sahabat beliau untuk melakukannya dengan menjadikannyasebagai wasiat.

Kapankah waktu Shalat Dhuha itu ?

    Waktu Shalat Dhuha adalah dari mulai meningginya matahari satu tombak hingga sebelum matahari berada tepat di tengah-tengah langit (istiwa). Yang paling afdhal, melakukannya ketika matahari sedang terik menyengat (pukul 08. 00 hingga pukul 09. 00). Itu adalah waktu ketika anak-anak unta sudah merasa kepanasan. Sebagaiman Hadist Zaid bin Arqam Ra yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Shalat orang-orang yang Khusu’ beribadah adalah pada waktu anak-anak unta kepanasan.” (HR. Muslim)

Bagaimana tata cara/ rakaat Shalat Dhuha ?

    Dari berbagai hadist, kita dapat mengetahui bahwa shalat dhuha dapa dikerjakaan dengan 2 rakaat,4 rakaat,8 rakaat, dan 12 rakaat, dengan melakukan salam tiap 2 rakaatnya. Adapun surah yang dianjurkan dibaca pada rakaat pertama setelah membaca al-Fatihah adalah surah asy-Syam atau al-Kafirun. Kemudian pada rakaat kedua membaca surah adh-Dhuha atau al-Ikhlas.


Apakah keutamaan Shalat Dhuha ?

    Tentunya ada banyak keutamaan dan keistimewaan jika kita mengerjakan Shalat Dhuha,diantaranya:
  1.   Shalat Dhuha merupakan salah satu wasiat dari Nabi Muhammad Saw.
  2. Shalat Dhuha dapat mencukupi sebagai sedekah bagi setiap ruas tulang bani Adam.
  3. Masuk surga melalui Pintu Dhuha.
  4. Akan dibangunkan sebuah rumah di surga
  5. Dicukupkan rezekinya di sore hari.
  6. Mendapat pahala umrah.
  7. Akan diampuni dosa-dosanya.

    Dari segala keutamaan Shalat Dhuha ini, yang terpenting adalah kita selalu mengerjakannya dengan penuh keyakinan,istiqomah, dan ikhlas sebagai suatu ibadah kita kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberi rahmat terhadap segala kebaikan yang kita kerjakan. Ammiiinn Ya Robbal alamin.

Terima kasih telah membaca dan mau mengenal jauh kedhasyatan shalat dhuha.

Mohon maaf, sesungguhnya segala kebenaran itu datang di Allah SWT, dan segala kesalahan datang dari penulis sendiri.

Wasssalamualaikum Wr. Wb.

Sumber : Dahsyatnya Shalat Sunnah oleh UST. Yusuf Mansur


SPONSOR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar